Monday 9 May 2016

Apa itu Serat Kasar, Pengertian Serat Kasar

        kctuagri.blogspot.co.id, 73 Banpres Tuah Negeri Sum Sel, Apa itu Serat Kasar, Pengertian Serat Kasar - Serat kasar dihasilkan dari berbagai macam tumbuhan yang tertanam di alam ini, banyak artikel yang menjelaskan mengenai serat kasar ini baik dilihat dari segi manfaat maupun sisi yang lainnya, adapun pengertian serat kasar seperti yang teah dijelaskan oleh juliasetiawati (2015) "Serat adalah bagian dari tanaman yang tidak dapat diserap oleh tubuh." sedangkan menurut gntindonesia "Serat merupakan karbohidrat kompleks dan bagian dari tanaman yang tidak bisa dicerna".

Gambar 0.1 Buah dan Sayur Sumber Utama Serat Kasar.

Jenis dari serat itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu: Serat kasar (crude fiber) dan Serat makanan (dietary fiber), serat kasar (crude fiber) merupakan zat non gizi yang terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran, pada kesimpulannya buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan sumber utama penghasil serat kasar (crude fiber). Sedangkan serat makanan (dietary fiber) terdapat pada beras, singkong, kacang hijau dan kentang.

Adapun fungsi dari serat itu sendiri seperti yang telah di jelaskan oleh wimvynurbahri (2010) "Peran utama dari serat dalam makanan adalah pada kemapuannya mengikat air, selulosa dan pektin. Dengan adanya serat, membantu mempercepat sisa-sisa makanan melalui saluran pencernaan untuk disekresikan keluar". Dengan adanya kandungan serat yang di konsumsi maka sangat mambantu kinerja usus besar dalam mengeluarkan sisa-sisa makanan yang terdapat di dalam perut.

Sebuah penelitian oleh Journa of Hypertension edisi maret dalam gntindonesia menyebutkan "Kesimpulan yang diambul dari 25 peneitian, penambahan serat dalam pola makan menunjukkan penurunan angka sitolik dan diastolik yang signifikan pada penderita tekanan darah tinggi".

Pada kesimpulan secara umum, fungsi serat bagi tubuh adalah untuk membantu mencegah terjadinya berbagai serangan penyakit, mengapa.? bagaimana tidak sehat kalau sisa-sisa makanan yang kita cerna oleh serat dapat di bawa keluar menjadi feses.

0 comments:

Post a Comment